Skip to main content

Definisi Medical Representative (MR)

Ketika anda berada di sebuah rumah sakit, pernahkah anda perhatikan ada beberapa orang yang berkumpul, dengan berpakaian rapi bahkan ada yang berseragam menawan dengan tas kerja di samping atau di punggung nya dan bercengkrama dengan satu sama lainnya yang terlihat berbeda dengan orang-orang lain di sekitarnya yang sedang antri berobat?
dan begitu ada seorang dokter terlihat mereka segera mendekatinya dan sembari mengajak berbincang akrab?

Itulah seorang medical representative, medical representative atau yang di singkat (MR) bisa di artikan sebagai duta perusahaan / seseorang yang di percaya untuk mewakili perusahaan guna mempromosikan produknya secara profesional,  kredibel dan berintegritas kepada dokter, sehingga dokter tersebut yakin dan meresepkan produk perusahaannya kepada pasien-pasiennya.

Istilah lainnya adalah Detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya seorang medical representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada custemernya.

Karena bertugas mewakili perusahaan. Maka citra perusahaan akan tergambarkan dari pembawaan sang medical representative, untuk itu proses seleksi menjadi seorang medical representative sangat ketat agar perusahaan tidak salah dalam merekrut orang sebagai perwakilannya. Mulai dari tahapan seleksi administrasi,  psikotes,  tes kesehatan,  wawancara,  training, hingga masa percobaan sampai layak diangkat sebagai karyawan tetap.

Profesi ini unik,  karena sedikit berbeda dengan profesi penjualan lainnya,  selain karena custemernya berbeda yakni dokter jam kerjanya juga berbeda sekali. Namun dengan penghasilan yang besar dan jenjang karir yang jelas yang pasti profesi ini bisa menjadi pilihan jalan hidup bagi yang memerlukan pekerjaan dimasa depan.


Comments

  1. Barangkali ada yang mau menambahkan bisa komentar di bawah ya...

    Kita sama2 saling belajar...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas dan Fungsi Medical Representative

Selayaknya pekerjaan dibidang sales (penjualan) dan marketing (pemasaran), profesi medical representative ini dibebani target yang harus di capai. Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan strategi yang matang dan handal yang berbeda dengan profesi lainnya dibidang sales dan marketing, strategi ini pun mencakup tugas dan fungsinya yakni sebagai berikut: TUGAS MEDICAL REPRESENTATIVE (MR) 1. Melakukan kunjungan Rutin kepada dokter 2. Melakukan promosi secara beretika dan berkomunikasi atas dasar kejujuran dan ketulusan 3. Menjalin hubungan dan relasi yang baik dengan dokter dan seluruh komponen yang mendukung seperti salesman distributor, apoteker,  bag.  Pembelian dan pengadaan obat di instalasi rumah sakit 4. Mengelola area coveragenya secara profesional sehingga memberikan hasil yang optimal 5. Memberikan laporan secara lisan dan tertulis kepada atasannya secara teratur yang berisi rencana kunjungan, hasil kunjungan, evaluasi kunjungan, aktifitas Kompetitor, dan evaluasi

TEKNIK NEGOSIASI

Teknik negosiasi ini bertumpu kepada ketrampilan akan berkomunikasi. Berkomunikasi dalam hal ini adalah komunikasi 2 arah antara Medical Representative dengan dokter. Dalam berkomunikasi, dituntut akan adanya penguasaan product knowledge sehingga akan memberikan kepercayaan dan akhirnya keyakinan dari dokter untuk meresepkannya. Proses negosiasi ini tidak hanya berlangsung dalam sekali pertemuan (detailing), namun dilakukan secara terus menerus dan berkala, karena produk yang ditawarkan berhubungan dengan kesehatan dan bahkan jiwa manusia, dengan demikian tentu saja dokter akan sangat berhati-hati sebelum memutuskan untuk meresepkan sebuah produk. Ketrampilan untuk meyakinkan ini harus dilatih terus agar tercapai kesempurnaan. Pada awalnya, bisa saja terjadi kesalahan dalam melakukan presentasi produk, namun tidaklah mengapa, karena bisa diperbaiki pada saat itu juga ataupun pada pertemuan berikutnya. Untuk produk yang masih baru, dibutuhkan usaha yang lebih keras